RSS

Carang Mas, Si Manis nan Legit

      Namanya Carang Mas, jajanan yang terbuat dari ketela atau talas yang dicampur dengan gula merah ini rasanya sangat manis dan gurih. Rasa manisnya berasal dari gula merah.
    Umaiyah adalah salah satu pembuat jajanan berbentuk jaring kecil ini. Wanita paruh baya ini jagonya membuat carang mas. Sehari-hari ia bisa menghasilkan berkarton-karton carang mas untuk dijual ke toko oleh-oleh di seputaran Batu dan Malang. 
   Nah, jika sobat ingin mencoba membuatnya, angkrengan akan berbagi resep camilan satu ini. Mau coba..?

  Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan carang mas adalah ubi rambat, gula merah, minyak goreng. Sedangkan alat-alat yang digunakan adalah kompor, pisau, penggorengan, alat untuk merajang ubi, cetakan carang mas, serta baskom. 
    Untuk cara pembuatannya sendiri, pertama adalah mengupas ubi rambat. Setelah itu ubi yang telah dikupas kemudian dicuci hingga bersih. Ubi yang sudah bersih lalu dirajang hingga halus, dan kemudian dicuci kembali agar higienis. Ubi kemudian digoreng hingga setengah matang dengan api sedang. Setelah itu masukkan gula merah dalam penggorengan dengan perbandingan jika ubi 1 kg, gunakan gula merah sebanyak 1ons. 
   Terus bolak-balik sampai minyak goreng benar-benar jernih (gula merah sudah melekat semua pada ubi) dan ubi sudah matang, kemudian angkat dan tiriskan. 
   Segera letakkan carang mas pada cetakan (karena apabila sampai dingin tidak dapat dicetak). Kemudian keluarkan dari cetakan dan letakkan di atas kertas agar minyak meresap pada kertas.

Happy Culinary ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Salam kenal ^^
Mari nongkrong di Angkrengan dan share bersama seputar kuliner..