RSS

Pedasnya Ceker Lapindo


Mungkin ada beberapa orang yang jijik ketika makan ceker. Karena bentuknya yang aneh. Tapi ceker dapat disulap menjadi kuliner yang mantap bin sedap ketika diolah dengan benar. Seperti ceker lapindo satu ini. 
Ceker ayam olahan Nanik Andayani ini memiliki rasa yang super pedas dan lezat. Jadi cocok sekali untuk lidah kita yang penyuka pedas. Ceker ayam sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Hal ini karena ceker mengandung protein, mineral, omega-3 dan omega 6 yang sangat tinggi. Selain itu rendah lemak pula.
Di warung ceker lapindo ini menawarkan banyak menu olahan ceker ayam. Namun menu andalan yang sering dicari konsumen adalah ceker lapindo.
 “Orang suka ceker lapindo karena rasanya pedas mantap. Selesai makan langsung kepedasan, tapi itu yang disukai,” tutur Nanik sambil tertawa. Nama ini dipilih karena lokasinya sama-sama di Sidoarjo. Selain itu, setiap kali pembeli selesai makan langsung kepedasan sampai kepanasan dan berkeringat. Mirip lumpur lapindo yang panas beruap.
Bumbu ceker ayam lapindo antara lain bawang putih, jahe, cabai besar, cabai rawit, sereh, daun jeruk nipis, dan merica sedikit. Semua dihaluskan dan ditumis sebelum dicampur dengan kuah dan ceker ayam. Menu super pedas ini disajikan di mangkuk dengan taburan irisan cabai rawit mentah.
Saking pedasnya, belum sampai ceker ayam digigit dan baru masuk mulut, pedasnya sudah terasa. Begitu juga dengan kuah panasnya, begitu dicicipi mulut langsung membara. Super pedas! Segera kunyah sesendok nasi putih panas supaya bisa menghilangkan rasa pedas dan panas di mulut.
Nanik perlu mengolah ceker ayam ini dalam beberapa tahap. Pertama, ceker dicuci bersih lalu direbus hingga setengah matang. Kemudian, dipisahkan antara yang putih dan agak kehitaman. Menu ceker ayam sop, gulai, dan asam manis memakai ceker ayam yang putih. Sedang ceker ayam agak kehitaman lebih cocok dipakai untuk diolah menjadi menu mentega, balado, dan lapindo.


Happy Culinary ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Salam kenal ^^
Mari nongkrong di Angkrengan dan share bersama seputar kuliner..