RSS

Lezatnya Rawon Setan

     Kuliner rawon memang identik dengan Jawa Timur. Rawon merupakan masakan daging dengan bumbu (rempah) khas karena mengandung kluwek yang menyebabkan rawon berwarna hitam pekat. Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daung bawang, kerupuk dan sambal. 
     Banyak turis mancanegara yang datang ke Jawa Timur khususnya Surabaya banyak yang mencari rawon sebagai menu makanannya. Nah, di Surabaya ada rawon yang sangat terkenal. Namanya adalah rawon setan. Apakah yang jualan setan hingga dinamakan rawon setan?.

    Sepertinya tidak seseram itu. Yudi Kurniawan, pemilik kedai rawon setan ini mengatakan nama 'Setan' itu bermakna pedas. “Tak ada yang berbeda dari bumbu Rawonnya, hanya saja sambalnya yang begitu pedas dan bikin orang berkeringat saat menyantapnya,” kata Yudi mencoba membocorkan menu masakan yang jadi andalannya tersebut. 
     “Dulu, umumnya orang menyantap makanan ini di malam hari. Karena malam identik dengan mistik atau gaib, maka pengunjung sering menyebutnya warung makan rawon ini menjadi sebutan Rawon Setan. 
     Sampai sekarang nama itu pun jadi ciri khas kedai makan ini," ujar Yudi yang juga mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 20 cabang Rumah Makan Rawon Setan di Surabaya dan Jakarta. Pria asli Surabaya ini mengaku, Rawon Setan yang diolahnya memiliki keunggulan rasa dibandingkan rawon lainnya.
     Pada proses pembuatannya, Yudi menggunakan biji kluek yang langsung diambil dari pulau Dewata. “Dari biji kluek Bali inilah, rasa Rawon menjadi gurih, dan tak hanya itu warnanya pun menjadi hitam pekat,” katanya. 
    Untuk satu porsinya, Rawon Setan tersebut dipatok harga Rp.20.000. Paket porsi tersebut merupakan paket lengkap yang sudah termasuk dengan minum. Untuk menambah kepuasan pelanggan, sambung Yudi, pihaknya juga menyediakan menu panas yang disajikan berikut dengan pemanasnya yang ditawarkan mulai Rp 10 - 30 ribu. 
      Gurihnya rawon ini akan makin mantap jika disantap bersama menu tambahan lainnya seperti kecambah, telur asin, atau kerupuk. Kelezatan rasanya pun akan berimbang dengan pedasnya sambal merah yang khusus dibuat mendampingi menu utama ini. Jika ingin menikmati kuliner satu ini, anda dapat datang di Jl. Embong malang Surabaya. Kedai rawon setan ini terletak di depan hotel JW Marriot Surabaya. Dan baru buka pada pukul 22.30 WIB. Jadi cocok apabila kita mengalami kelaparan di tengah malam.

Happy Culinary ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Salam kenal ^^
Mari nongkrong di Angkrengan dan share bersama seputar kuliner..