RSS

3 Kuliner Indonesia yang Mengguncang Dunia

       Salah satu alasan bangsa kita dijajah kurang lebih 350 tahun adalah untuk menguasai produksi rempah-rempah Indonesia, yang menjadi bumbu dasar cita rasa makanan. Banyaknya adat istiadat dan beraneka ragam budaya, membuat Indonesia kaya dengan kuliner unik. Bagaimana tidak, jika setiap suku/daerah di Indonesia mempunyai kuliner khas, maka bisa dibayangkan berapa banyak kuliner yang dimiliki Indonesia. 
      Tak heran bila banyak kuliner Indonesia yang mendunia. Berikut adalah kuliner Indonesia yang menghebohkan dunia : 
1. Sate
Sate identik dengan lidi dan daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditusukkan dan kemudian dibakar. Sebenarnya sate diketahui berasal dari Jawa. Awalnya sate diciptakan oleh para pedagang jawa yang menjual daging bakar di pinggir jalan pada abad 19. Setelah itu, sate mulai populer. Bahkan kini sate sudah menjadi primadona di dunia kuliner Asia tenggara. 

 2. Rendang 
Rendang adalah salah satu masakan khas Indonesia yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Bahan utamanya adalah daging. Selain itu, rendang juga menggunakan kelapa (santan) dan campuran berbagai bumbu seperti cabai, lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu pelengkap lainnya. Nah, ternyata makanan satu ini tidak hanya digemari di Indonesia. Melainkan juga digemari di luar negeri. Hal ini terbukti dari survey yang dilakukan oleh CNN Internasional yang menobatkan Rendang sebagai makanan terlezat di dunia yang berasal dari Indonesia dengan menempatkan Rendang di urutan teratas dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods” atau 50 hidangan terlezat di dunia. 
3. Gudeg 
Gudeg identik dengan Kota Yogyakarta. Ya, memang kuliner satu ini adalah kuliner khas Kota Yogya. Para wisatawan mancanegara pun jika berkunjung ke Yogya, pasti gudeg adalah tujuan wisata kuliner utama yang dituju. Kuliner lezat ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan gula jawa. Butuh waktu berjam-jam untuk membuatnya. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal krecek. Variasi gudeg pun bermacam-macam. Bahkan gudeg di Kota Yogya berbeda dengan gudeg di Kota Solo. Tapi pasti sama enaknya. 
      Banyak kuliner Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan tidak sedikit warga negara asing yang datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi kuliner Indonesia. Maka dari itu, kita sudah seharusnya bangga dengan apa yang dimiliki bangsa Indonesia, khususnya kuliner-kuliner khasnya. Jadikan makanan Indonesia tuan rumah di negeri kita sendiri.


Happy Culinary ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Salam kenal ^^
Mari nongkrong di Angkrengan dan share bersama seputar kuliner..